Saturday, September 17, 2011

Identifikasi Segmentasi, Targeting, dan Positioning Dalam 2 Brand

The Coca Cola Company

Segmentasi
  • Geografis : Cakupannya adalah seluruh dunia.
  • Demografis : Produk ini akan ditawarkan kepada :
  1. Umur : 10 - 50 tahun
  2. Jenis kelamin : Laki-laki dan perempuan
  3. Jumlah anggota keluarga : tidak ditentukan
  4. Status pernikahan : semua status (belum menikah dan sudah menikah)
  5. Tingkat penghasilan : di atas Rp. 500.000,00 per bulan
  6. Tingkat pendidikan : SD - Sarjana
  7. Jenis pekerjaan : pelajar, mahasiswa, pegawai negeri, pegawai swasta
  8. Keturunan : tidak ditentukan
  9. Agama : beragama apapun maupun tidak beragama
  • Psikografis : Produk ini akan ditawarkan kepada masyarakat yang :
  1. Status sosial : masyarakat menengah ke atas
  2. Gaya hidup : glamour, suka hura-hura (hedonis)
  3. Kepribadian : menyukai sesuatu yang berbeda
Targeting
Pola target market dari The Coca Cola Company adalah product specialization, yaitu hanya berkonsentrasi dalam membuat produk minuman bersoda. Coca cola company dapat membangun reputasi yang kuat pada produk yang spesifik.

Positioning
The Coca Company berhasil membuat masyarakat di seluruh dunia mengetahui produk ini. Jika ditanya tentang minuman bersoda, pasti yang diingat masyarakat adalah coca cola. Coca cola juga sering mempromosikan merknya dengan cara membagikan coca cola secara cuma-cuma.

J.CO Donuts & Coffee
http://kue-unik.com/wp-content/uploads/2010/05/j-co-logo-loco.jpg

Segmentasi

  • Geografis : Cakupannya adalah negara Indonesia, Malaysia, Singapura, dan China.
  • Demografis : Produk ini akan ditawarkan kepada :
  1. Umur : 20 - 30 tahun untuk minuman dan 15 - 30 tahun untuk makanan
  2. Jenis kelamin : Laki-laki dan perempuan
  3. Jumlah anggota keluarga : tidak ditentukan
  4. Status pernikahan : semua status (belum menikah dan sudah menikah)
  5. Tingkat penghasilan : di atas Rp. 1.000.000,00 per bulan
  6. Tingkat pendidikan : SD - Sarjana
  7. Jenis pekerjaan : pelajar, mahasiswa, pegawai negeri, pegawai swasta
  8. Keturunan : tidak ditentukan
  9. Agama : beragama apapun maupun tidak beragama
  • Psikografis : Produk ini akan ditawarkan kepada masyarakat yang :
  1. Status sosial : masyarakat menengah ke atas
  2. Gaya hidup : glamour, suka berlama-lama 'nongkrong' di tempat yang elit, modern
  3. Kepribadian : menyukai sesuatu yang kreatif (karena donat yang ditawarkan J.CO adalah donat yang unik dan kreatif)
Targeting
Pola target market dari J. CO Donuts & Coffee adalah selective specialization, yang berarti J. CO mengambil 2 segmen yang berbeda, yaitu kopi dan donat.

Positioning
J. Co Donuts & Coffee berhasil mengembangkan konsep pengembangan produk yang inovatif dalam mengikuti perkembangan dan mengantisipasi perubahan serta dinamika yang terjadi. Belum lagi penataan interior yang artistic dan life style serta fasilitas pada gerai sangat mendukung dari penciptaan image yang mereka kreasikan terhadap produknya yang merupakan bagian dari gaya hidup. Oleh karena itu gerai J. Co selalu ramai dikunjungi karena J.Co berhasil memenangkan hati masyarakat.

Daftar Pustaka
widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/20117/Jco.Donat.pptx

1 comment:

  1. "Tingkat penghasilan : di atas Rp. 500.000,00 per bulan" untuk coca cola dan "Tingkat penghasilan : di atas Rp. 1.000.000,00 per bulan" untuk J. Co Donuts & Coffee... Apakah itu memang standar penghasilan pelanggan yang ditargetkan oleh masing2 pikah atau bukan? Tks

    ReplyDelete