Jika dalam pembelajaran sebelumnya kita telah membahas tentang arti Komunikasi Pemasaran, maka dalam pembelajaran kali ini kita akan membahas tentang Integrated Marketing Communication, atau dalam bahasa Indonesianya adalah Komunikasi Pemasaran Terpadu.
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengorganisir saluran-saluran komunikasi secara jelas, konsisten, dan berpengaruh besar dalam hal positif terhadap citra atau brand dari sebuah perusahaan. Integrated Marketing Communication juga bertujuan untuk membangun hubungan yang baik antara sebuah perusahaan melalui produk/jasanya dengan para clientnya. Ini dimaksudkan agar para clientnya puas dengan apa yang telah dikerjakan oleh perusahaan dan akan menggunakan produk atau jasanya lagi dikemudian hari.
Public relation, advertising, direct selling, sales promotion, dan interactive marketing adalah elemen dari komunikasi pemasaran untuk dapat memberikan pengaruh komunikasi yang maksimum terhadap para client ataupun calon client.
- Public Relation (Hubungan Masyarakat) : Humas merupakan salah satu lembaga penting dalam sebuah perusahaan, karena humas berfungsi sebagai penarik simpati, pencipta citra yang positif, serta pembangun kepercayaan atas produk/jasa yang mereka tawarkan, kepada pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan tersebut. Seorang humas hendaknya bisa memberikan ketertarikan kepada calon clientnya dan bisa memberikan pengetahuan & informasi kepada calon clientnya.
- Advertising (Periklanan) : Periklanan adalah alat dan cara untuk mempromosikan dan mempengaruhi calon konsumen untuk dapat menggunakan jasa mereka. Alat-alat pendukung advertising antara lain surat kabar, pamflet, leaflet, radio, televisi, dan lain-lain.
- Direct selling (Penjualan Langsung) : Direct selling adalah suatu cara untuk memasarkan sesuatu dengan cara menjual barang/jasa itu langsung kepada calon konsumennya, karena direct selling cenderung tidak suka neko-neko dan lebih memilih untuk to the point. Para pelaku direct selling menganggap kalau membuat iklan untuk masyarakat luas hanya membuang-buang waktu dan tenaga, lebih baik jika mereka jual langsung kepada orang yang kira-kira pantas dan ingin membeli jasa atau barang ini. Direct selling berbeda dengan MLM (Multi Level Marketing), karena direct selling cenderung mendapatkan keuntungan yang murni, yaitu dari selisih harga jual, sementara pada bisnis MLM, keuntungan juga didapat dari hasil perkembangan jaringan.
- Sales Promotion (Promosi Penjualan) : Sales promotion adalah salah satu cara promosi dengan cara membujug langsung calon konsumen. Sales promotion menawarkan insentif atau nilai lebih untuk suatu produk pada sales force, distributor atau konsumen langsung dengan tujuan utama yaitu menciptakan penjualan yang segera.
- Interactive Marketing (Pemasaran Interaktif) : Pemasaran interaktif adalah bentuk pemasaran baru yang sudah tidak menggunakan nilai-nilai pemasaran konvensional. Keseimbangan antara pelaku pemasaran dan pelanggan sangat ditekankan pada pemaasaran interaktif. Pemasaran interaktif cenderung bersifat simbiosis mutualisme.
Contoh Perusahaan yang Menggunakan Metode IMC
Kompas Gramedia

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, tadinya Kompas Gramedia bukanlah sebuah perusahaan, melainkan dua perusahaan yang berbeda. Kompas bergerak di media surat kabar sedangkan Gramedia merupakan toko buku. Namun seiring berjalannya waktu, Kompas Gramedia tergabung menjadi satu perusahaan dan mulai merambah ke dunia pendidikan dengan didirikannya Universitas Multimedia Nusantara, dan dunia layar kaca dengan didirikannya KOMPAS GRAMEDIA TV Network, Kompas Channel, KOMPAS GRAMEDIA Vision, dan Kompas TV.
- Public Relation (Hubungan Masyarakat) : Public Relation dari KompasGramedia bertugas untuk meyakinkan masyarakat bahwa KompasGramedia bersifat :
- Integritas tinggi; jujur; satu kata dengan perbuatan (konsisten)
- Dapat dipercaya (reliable); dapat diandalkan (capable)
- Bertanggungjawab; menepati janji (komitmen); disiplin
- Berwatak baik; berniat baik; berpikir positif.
- Ber-etika bisnis bersih; transparan (keterbukaan)
- Berjalan sesuai regulasi (pemerintah, stakeholders, shareholders)
- Loyal; setia pada lembaga & profesi; dedikatif
- Fair (tidak curang)
- Advertising (Periklanan) :KompasGramedia menggunakan media surat kabar, majalah, tabloid, toko buku, internet, media elektronik, dan televisi dalam mengiklankan produk yang mereka tawarkan.
- Direct selling (Penjualan Langsung) : -
- Sales Promotion (Promosi Penjualan) : Ada saatnya Gramedia memberikan diskon kepada para pelanggan setia toko Gramedia dan Hotel Santika, Santika Premiere, Amaris, Royal Collection, Wisma Kompas Gramedia.
- Interactive Marketing (Pemasaran Interaktif) : Adanya promosi yang dilakukan oleh Kompas Gramedia melalui internet, penjualan tiket hotel atau pemesanan buku melalui media online.
No comments:
Post a Comment